KNKT: Pesawat Dimonim Air Tak Memiliki Black Box 

IMG_2415

JAYAPURA, PNIELnews.com (17/8) — Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Perwakilan Papua membantah kabar yang berkembang bahwa pesawat Dimonim Air PK-HVQ yang jatuh di Gunung Menuk, Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Sabtu 11 Agustus lalu memiliki “Black Box” atau kotak hitam.

IMG_2422

Bantahan KNKT itu disampaikan oleh Kepala Perwakilan KNKT Papua, Norbert Tunyanan kepada wartawan, Kamis 16 Agustus 2018 di Polda Papua.

“Kita perlu mengetahui bersama, bahwa tak semua pesawat memiliki kotak hitam atau black box”, kata Norbert.

Norbert menyebutkan KNKT bertanggung jawab untuk meneliti kekurangan keselamatan penerbangan, maritim dan angkutan darat.

Baca juga: Polda Papua Serahkan Alat Instrumen Navigasi Pesawat Dimonim Air  ke KNKT

“Hasil penyelidikan kecelakaan, KNKT membuat rekomendasi yang harus diambil untuk mencegah terulangnya kecelakaan serupa. KNKT melakukan penelitian dan studi yang diperlukan untuk melakukan tugas tersebut, dan untuk mengidentifikasi kekurangan-kekurangan keselamatan yang mungkin terjadi”, ujar  Kepala Perwakilan KNKT Papua itu.

Baca juga: Santunan Kecelakaan, Dimonim Air Tak Menyebutkan Nilai Santunan?

Selain itu, aspek yang paling penting dari investigasi adalah satu-satunya tujuan kegiatan ini adalah untuk mencegah kecelakaan atau insiden, bukan untuk menyalahkan. Jelas Norbert lagi.

“Sesuai regulasinya pesawat penumpang dibawa sembilan orang, tak memiliki kotak hitam”. Pungkasnya.

(Richard Mayor)

2 comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.